LANSIA DI KOTA SUKABUMI DIHARAPKAN BISA MANDIRI, SEJAHTERA DAN BERMARTABAT

Reporter/Redaktur/Editor : ENDANG SUMARDI

Lansia (Lanjut Usia) di Kota Sukabumi diharapkan bisa mandiri, sejahtera dan bermartabat. Harapan tersebut disampaikan Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri S. Hamami, S.H., M.H., saat menghadiri rangkaian acara HLUN (Hari Lanjut Usia Nasional) Ke 23 Tingkat Kota Sukabumi Tahun  2019, baru-baru ini, di Halaman Dinas Kesehatan Kota Sukabumi.

Dijelaskannya, hal tersebut sejalan dengan tema HLUN Ke 23, yang diperingati pada tanggal 29 Mei 2019 dan HLUI (Hari Lanjut Usia Internasional) tanggal 1 Oktober 2019, yakni Lanjut Usia Mandiri, Sejahtera dan Bermartabat, dengan sub tema diantaranya mewujudkan lanjut usia yang mandiri, maju dan sejahtera, serta lanjut usia juara lahir batin. Selain itu juga dijelaskan, semua lansia adalah orang tua. Untuk itu, semua lansia diharapkan sehat dan berdaya, serta dapat menyiapkan generasi muda, untuk mewujudkan lansia sehat, aktif dan bermartabat.

Sedangkan maksud dan tujuan dilaksanakannya HLUN ini, untuk melembagakan nilai-nilai sosial masyarakat dan menghargai keberadaan lansia. Sebab lansia merupakan pemersatu bangsa. Disamping itu, lansia di Kota Sukabumi dapat meningkatkan kerja sama lintas sektor dan lintas generasi, baik unsur pemerintah maupun masyarakat, dalam upaya mewujudkan Kota Sukabumi santun lansia.

Wakil Wali Kota Sukabumi mengatakan, dilaksanakannya HLUN ini, merupakan momen untuk lebih menguatkan komitmen dan meningkatkan semangat, untuk lebih memberi makna kepada masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan lansia. Namun  untuk mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan perhatian dan beberapa hal. Diantaranya kerja sama, baik dengan lintas program maupun lintas sektor, akademisi, kepala daerah, pelaku usaha dan organisasi masyarakat.

Adapun pelaksanaan HLUN tahun ini, diisi beberapa rangkaian kegiatan. Antara lain pada puncak acara dilaksanakan perlombaan yang melibatkan para Lansia, Kader Posbindu, Puskesmas, Rumah Sakit dan Institusi Pendidikan. Diantaranya Lomba Cerdas Cermat yang diikuti oleh seluruh Kader Posbindu di setiap Puskesmas, lomba dan penyuluhan yang diikuti oleh para lansia, sebagai bentuk pemberdayaan lansia. Selain itu juga lomba yeI-yel, serta lomba inovasi bagi petugas kesehatan Puskesmas dan Rumah Sakit. Maksud dan tujuannya, untuk memotret sistem pelayanan lansia di fasilitas kesehatan. Selanjutnya Lomba Tumpeng, diikuti oleh Puskesmas, Rumah Sakit dan Institusi Pendidikan.

Leave a Reply