KEPALA DISKOMINFO PROVINSI JAWA BARAT KUNJUNGI DISKOMINFO KOTA SUKABUMI

Reporter/Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Peningkatan kelembagaan menjadi salah satu bahasan ketika Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Barat, Setiaji,S.T, M.Si, mengunjungi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi pada hari Senin 22 Juli 2019.

Dalam kunjungan dalam rangka koordinasi tersebut, Kepala Diskominfo Provinsi Jawa Barat, diterima langsung oleh Kepala Diskominfo Kota Sukabumi, Drs. H. G.M.Sukarman, M.Pd beserta jajaran.

Dalam pembahasan yang berlangsung kurang lebih selama 2 jam tersebut, Kepala Diskominfo Provinsi Jawa Barat, menjelaskan beberapa program dalam bidang TIK (Teknologi Informasi Komunikasi) yang akan dilakukan oleh pihaknya. Salah satunya adalah pembangunan data center  se-Jawa Barat dengan menempatkan beberapa pusat data di beberapa Kota dan Kabupaten yang akan melayani kebutuhan data center Kota dan Kabupaten lainnya.

Selain itu, juga ia menjelaskan bahwa pihaknya tengah menggarap peraturan satu data tingkat provinsi yang salah satu fungsinya akan memperjelas dan menguatkan peran bidang statistik pada Diskominfo. Ia juga meninjau command center yang ada di Diskominfo Kota Sukabumi dan mengatakan bahwa perlu adanya peningkatan command center tersebut baik dari segi infrastruktur maupun konten. Untuk konten, pihak Diskominfo Provinsi Jawa Barat kini tengah mempersiapkan konten yang kelak akan digunakan se – Jawa Barat.

Sedangkan Kepala Diskominfo Kota Sukabumi menambahkan bahwa memang perlu ada peningkatan di Diskominfo Kota Sukabumi salah satunya dari sisi kelembagaan  yakni dalam sisi pengelolaan data statistik dan ia mengharapkan dukungan Diskominfo Provinsi Jawa Barat dalam hal ini. Karena pengelolaan data statistik kini menjadi salah satu isu krusial dalam kelembagaan Diskominfo bukan hanya di Jawa Barat tetapi juga secara nasional.

Leave a Reply