TEST KEBUGARAN ASN DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA SUKABUMI

Reporter : ARIF HIDAYAT

Redaktur/Editor : RIKSAN SATYAPRAWIRA

Dalam upaya mencegah penyakit tidak menular, Dinas kesehatan Kota Sukabumi melalui Bidang Kesehatan Masyarakat melaksanakan kegiatan Test Kebugaran bagi Aparatur Sipil Negeri (ASN) Eselon II dan III di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, Selasa, 23 Juli 2019 di Lapang Merdeka Kota Sukabumi. Turut hadir pada kesempatan tersebut Wakil Wali Kota Sukabumi, H .Andri S Hamami, S.H., M.H., Sekretaris Daerah Kota Sukabumi, Drs. H. Dida Sembada  MM., Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro, serta Kepala Kejaksaan Negeri Kota Sukabumi,  Hj. Ganora Zarina, S.H., M.,H.

Wakil Wali Kota Sukabumi menandaskan bahwa tes kebugaran ini dilaksanakan untuk melihat sejauh mana  tingkat kesehatan ASN eselon II dan III dilingkungan Pemerintah Kota Sukabumi. dijelaskan pula bahwa kegiatan ini diharapakan diagendakan rutin minimal 2 kali dalam setahun.

Sementara itu Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, H. Suprapto, S.Pd, S.Kp, MM., menjelaskan bahwa kegiatan ini didasari dengan naiknya angka penderita penyakit tidak menular seperti hipertensi, kolesterol, gula darah. Sedangkan peserta tes kebugaran ini sebanyak 200 orang. Tes kebugaran ini menurutnya sangat penting, karena kebugaran seseorang akan menentukan tingkat kinerja dan produktifitasnya. Bilamana didapatkan ASN yang memiliki resiko penyakit tidak menular dalam tes ini maka pihaknya akan  berusaha memberikan solusi diantaranya melalui edukasi.

Tes kebugaran ini dilakukan dalam beberapa tahapan tes seperti pengukuran tinggi dan berat badan untuk menentukan Indeks Massa Tubuh (IMT), agar diketahui menderita obesitas atau tidak. kemudian pengukuran tekanan darah serta denyut nadi sekaligus penelaahan riwayat penyakit. Tes kebugaran ini juga meliputi joging sebanyak 5 keliling lapang merdeka atau jalan cepat dengan jarak 1.600 meter.

Leave a Reply