Selama Tiga Hari, Pelaku Usaha Pariwisata Dilatih Pemasaran Digital

Reporter : Hendriansyah

Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Sukabumi mengadakan pelatihan pemasaran digital yang diikuti oleh 40 orang pelaku usaha pariwisata. Acara yang diselenggarakan di Hotel Taman Sari pada 10 September 2024, bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pelaku usaha dalam memanfaatkan teknologi digital untuk mempromosikan produk dan layanan mereka.

Pelatihan yang diadakan selama tiga hari hingga 12 September 2024, menghadirkan tenaga ahli bidang pemasaran digital pada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Qiesthas Noe’man, yang membagikan pengetahuan tentang strategi pemasaran melalui media sosial, Search Engine Optimization dan web analitik.

Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji, yang membuka pelatihan menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk keseriusan pemerintah untuk meningkatkan pemasaran sektor pariwisata.

“Ini salah satu upaya untuk mengatasi kendala yang dihadapi yaitu pemasaran. Mudah – mudahan pelatihan ini bisa meningkatkan peran stakeholder, pelaku industri pariwisata agar usaha mereka dikenal secara luas bahkan ke mancanegara.” Ujarnya

Sementara Kepala Disporapar Kota Sukabumi, Tejo Condro Nugroho, mengharapkan melalui pelatihan ini para pelaku usaha mampu melakukan pencitraan yang baik terhadap setiap usaha mereka. Ia menerangkan bahwa para peserta yang mengikuti pelatihan ini sebelumnya menjalani proses kurasi untuk memastikan pelaku usaha yang mengikuti pelatihan memiliki unggulan serta bisa memberikan dorongan terhadap pembentukan ekosistem pariwisata.

“Kita kurasi tempat wisata, kuliner, café yang kira – kira memiliki unggulan dan membantu terhadap ekosistem kepariwisataan. Salah satunya adalah pengelola Pasar Pelita, karena kita harapkan pasar ini menjadi ikon dan menjadi pasar wisata.”  Jelasnya

Leave a Reply