SDN Cikundul Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Reporter : Hendriansyah

SDN Cikundul melaksanakan kegiatan Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada 8 Juni 2024. Dalam kegiatan yang dilaksanakan di sekolah serta dihadiri pula oleh sejumlah tamu undangan, dilakukan pula penetapan Hari Ulang Tahun (HUT) SDN Cikundul serta penyerahan panggung serbaguna dari pihak komite sekolah ke SDN Cikundul.

Camat Lembursitu, Yudi Satriana, dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada SDN Cikundul karena gelar karya menurutnya menanamkan karakter kreatif dan inovatif pada peserta didik.

“Karena karakter berkebhinnekaan, kreatif dan inovatif, insyaallah kedepannya akan menjadi pemimpin – pemimpin yang tangguh.” Ujarnya

Sedangkan Kepala SDN Cikundul, Emal Hadipassa, menerangkan bahwa kegiatan Gelar Karya P5 merupakan bagian dari implementasi dari Kurikulum Merdeka yang pada semester ini mengambil tema Bhinneka Tunggal Ika.

“Merupakan implementasi dari kurikulum merdeka. Ada tema yang harus diambil pada setiap semesternya yaitu “Bhinneka Tunggal Ika” atau Kebhinnekaan global. Maksudnya agar para pelajar bisa mengetahui seberapa besar keragaman suku, bangsa, dan budaya. Gelar karya ini merupakan hasil proses pembelajaran terkait tema tersebut.” Jelasnya

Adapun terkait panggung serbaguna yang diserahterimakan pada kesempatan tersebut, merupakan hasil swadaya masyarakat dan akan dimanfaatkan diantaranya untuk mengatasi kekurangan jumlah kelas di SDN Cikundul.

“Serah terima bangunan berupa saung serbaguna dan saung literasi. Ini hasil swadaya masyarakat yang diberikan kepada sekolah, sebagai salah satu bentuk partisipasi pengembangan pendidikan. Manfaat dari saung ini yang dilengkapi panggung seluas 9 x 5 meter adalah bisa digunakan untuk mengatasi kekurangan jumlah kelas.

Sementara Ketua Komite Sekolah, Hendra Wiranata menambahkan bahwa pembangunan panggung serbaguna diinisiasi oleh warga dan orang tua siswa bahkan anggarannya pun bersumber dari iuran masyarakat.

“Mengingat banyaknya kegiatan yang diadakan disini yang berkaitan dengan outdoor, biasanya kita harus menyewa panggung dengan tenda, dengan adanya bangunan ini untuk anggaran bisa diefisiensikan.” Tandasnya.

Leave a Reply

error: Content is protected !!