Pelaksanaan P2RW di Kelurahan Limusnunggal dan Sindang Palay Telah Mencapai 90 Persen

Reporter : Arif Hidayat

Peningkatan kualitas jalan gang sepanjang 130 meter di RW 8 merupakan salah satu bentuk pemanfaatan Program Pemberdayaan Rukun Warga (P2RW) di Kelurahan Limusnunggal Kecamatan Cibeureum.

Lurah Limusnunggal, Dedi Supriadi, ketika diwawancarai pada 16 Oktober 2024 saat melakukan peninjauan pelaksanaan program tersebut di RW 8, mengungkapkan bahwa selain memperbaiki jalan, masyarakat setempat memanfaatkan program ini diantaranya untuk merenovasi Posyandu di RW 11 serta memperbaiki masjid di RW 4.

“Alhamdulillah progress pengerjaan sudah mencapai 90 persen, tinggal sedikit lagi ada beberapa yang belum selesai 100 persen.” Jelasnya

Sedangkan Ketua RW 8 Kelurahan Limusnunggal, Dian Mulyana, mengatakan proses pengerjaan peningkatan kualitas jalan gang dengan pemasangan rabat beton bisa berjalan dengan baik tanpa kendala.  Ia pun menjelaskan bahwa pelaksanaan P2RW ini mendapatkan dukungan masyarakat di wilayahnya.

“Alhamdulillah ada swadaya dari masyarakat, sangat membantu sekali baik itu berupa tenaga maupun materi.” Tuturnya

Ia juga menyampaikan harapan kepada Pemerintah Kota Sukabumi yakni mempertahankan program ini dan meningkatkan jumlah dana stimulan P2RW yang saat ini sebesar Rp. 25 juta per RW.

“Mudah – mudahan ada kenaikan (dana), karena (harga) bahan material tahun depan mungkin naik, intinya dari Pemkot Sukabumi ada pengertian. Saya berterima kasih adanya P2RW ini sangat membantu sekali.”

P2RW di Kelurahan Sindang Palay Hampir Rampung

Seperti halnya di Kelurahan Limusnunggal, pelaksanaan P2RW di Kelurahan Sindang Palay pun mendapatkan dukungan masyarakat setempat yang diantaranya ditunjukkan melalui bantuan tenaga hingga menyediakan konsumsi bagi para pekerja.

Kepala Seksi Pemerintahan dan Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Sindang Palay, Detty Kurniaty, ketika diwawancarai pada hari yang sama ditempat terpisah, mengungkapkan bahwa berbagai bentuk dukungan masyarakat, memperlihatkan antusiasme mereka untuk menyukseskan program yang digulirkan oleh Pemerintah Kota Sukabumi tersebut.

“Swadaya masyarakat itu bentuknya tenaga atau pemberian upah, mereka saling membantu, kemudian juga memberikan makanan dan minuman. Kalau ditotalkan mungkin nilainya mencapai sekitar Rp. 3 – 4 juta.” Jelasnya

Adapun seperti dijelaskannya tahun ini, masyarakat di tujuh RW Kelurahan Sindang Palay memanfaatkan program tersebut diantaranya untuk meningkatkan kualitas jalan serta membangun fasilitas MCK. Ia menyebutkan bahwa pembangunan seluruh sarana prasarana di semua wilayah RW telah mencapai tahap akhir pengerjaan.

“Alhamdulillah semuanya sudah mau hampir 100 persen. Tidak ada kendala dalam pengerjaan P2RW.” Pungkasnya

Leave a Reply