Dispusipda Tingkatkan Kapasitas Pengelola Arsip Melalui Sosialisasi Pengelolaan Kearsipan

Reporter : Arif Hidayat

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Kota Sukabumi melaksanakan sosialisasi pengelolaan kearsipan pada 11 Juni 2024 bertempat di Resto Rinjani Kecamatan Cibeureum. Sosialisasi yang dihadiri oleh para pengelola arsip di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, dibuka oleh Penjabat Wali Kota, Kusmana Hartadji.

Saat memberikan sambutan, Penjabat Wali Kota menekankan pentingnya fungsi arsip karena merupakan sumber informasi serta bukti otentik dari pelaksanaan sebuah kegiatan. Ia pun menegaskan bahwa penguatan sistem kearsipan melalui digitalisasi harus terus diupayakan karena merupakan bagian dari penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Sedangkan Kepala Dispusipda Kota Sukabumi, Galih Marelia Anggraeni, menyampaikan sosialisasi merupakan upaya pihaknya untuk meningkatkan kompetensi para pengelola arsip, karena kendati pengelolaan kearsipan telah mendapatkan penilaian baik dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, namun masih diperlukan beberapa perbaikan.

“Kita ingin ada peningkatan pengetahuan para pengelola arsip supaya kita bisa lebih baik lagi. Capaian sejauh ini menurut sudah bagus namun masih perlu perbaikan” Jelasnya

Ia pun menerangkan pada kegiatan ini diberikan penghargaan kepada tiga perangkat daerah diantaranya Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan, serta Sekretariat Daerah karena berdasarkan penilaian internal telah menerapkan pengelolaan arsip dengan baik.

Leave a Reply

error: Content is protected !!